Housewife vs Working Mom

Today conv dgn teman lama

Dia : Jadi skrg lo ngga kerja? Kok bisa sih? Ngga bosen?
Saya : Kerja kan ngga harus tiap hari ke kantor. Gw masih bisa kerja di rumah sambil ngurus anak
Dia : Nah! Exactly my point. Sayang aja  lulusan UI akhirnya cuma ngurus anak
Saya : Justru hebat dong. Anak gue diasuh sama sarjana lulusan UI. Dibanding anak lo yang diasuh sama pembantu lulusan SD
Dia : *senyum kecut*
#situ jual, sini beli

***

Membaca status teman saya di Path seperti di atas membuat saya tergelak.
Geli karena masih saja ada yang berpikiran sempit bahwa pendidikan itu hanya terpakai di dunia kerja.
Geli juga karena teman saya bisa memberikan jawaban secerdas itu membuktikan bahwa dia tidak main-main dalam profesinya menjadi ibu rumah tangga.

Jujur, cita-cita saya dari dulu menjadi ibu rumah tangga.
Simply because my mom was, and i want my children to experience the same things i had.
Makan masakan khas emak yang rasanya gak bisa disamain sama restoran mana pun.
Pulang sekolah, cium tangan emak, ganti baju, lalu asik ngedeprok di dapur cerita ke emak tentang kejadian di sekolah.
Rambut yang lepek oleh keringat dan bau matahari dicium penuh sayang.
Dikejar-kejar ke lapangan, disuruh berhenti biar mau tidur siang.

I want my children to have those moments, with me, their mom…

Seiring sejalan, saya sadari itu belum bisa saya capai sekarang.
Untuk satu dan lain hal sebagai alasannya.
Tapi saya tetap berusaha mencari jalan tengah, berkompromi.

Jika saya terus menjalani profesi yang sesuai dengan gelar sarjana yang saya dapat di Teknik Industri UGM, saya tidak yakin akan sanggup menyisakan tenaga dan pikiran untuk urusan rumah tangga.
Tapi pekerjaan suami yang seasonal dan fluktuatif membuat saya mempertimbangkan bekerja di rumah yang juga fluktuatif.
One of us should have a steady income to have a stabil financial condition in our earlier time of marriage.
Thus, after 4 month unemployed, i reach the opportunity to work in a publishers as copy editor of fiction books.

Editor novel?
Iya, memang sepertinya tidak ada sangkut pautnya dengan latar belakang pendidikan saya.
Tapi saya punya gaji tetap yang bisa jadi pegangan selain pendapatan suami.
Lokasi juga hanya 20-30 menit dari tempat tinggal saya sekarang.
Pun setelah keluar dari kantor, saya benar-benar bisa fokus mengurus suami (dan anak-anak saya nantinya).
Beban tenaga dan otak yang digunakan selama bekerja pun tidak seberat jenis pekerjaan saya yang lama.
Kenapa?
Because i love to read… I love books..,
I love to produce and present a great book to other readers.

Jadi ya, saya memang masih bekerja di kantor, meninggalkan rumah tangga dari pagi hingga sore.
Tapi masih lebih baik ketimbang saya masih bekerja di kantor dengan pekerjaan yang menuntut perhatian saya 24/7.

Lalu bagaimana dengan mimpi saya menjadi ibu rumah tangga?
Bagaimana dengan tanggung jawab saya sebagai istri dan ibu dalam rumah tangga?
Mimpi itu masih ada, dan entah bagaimana mungkin bisa saya wujudkan sembari saya bekerja 🙂

Meski tidak tega meninggalkan bayi saya yang baru berusia 3 bulan, rela tidak rela saya harus berkeras hati…
Someday, Mas Galang, i will be there for you and your sibling(s) 24/7
Someday…

***

B47A0458-C131-45E3-A810-E1801A1A8A02

Akhir-akhir ini begitu banyak yang membandingkan ibu rumah tangga dengan ibu pekerja. Ibu pemberi ASIx dengan sufor…

All i can say is, setiap orang punya pilihannya masing-masing…
Dan dengan pilihan tersebut, lahirlah yang namanya konsekuensi…

Jadi hormatilah pilihan tersebut dan dukunglah apa pun konsekuensi yang mereka hadapi…
Karena tidak ada yang tahu perjuangan orang lain, kecuali kita mengalaminya sendiri… Dan setiap orang menjalani perjuangannya sendiri-sendiri…

 

– pic taken from http://thecorporatehousewifemom.blogspot.com/2013/07/manic-monday-quotes-stealing-your-joy.html

4 thoughts on “Housewife vs Working Mom

Leave a Reply

