asumsi

you’ve made an assumption..
you think i’ve done something..
but you didn’t ask,
you didn’t talk
and yet, you said you can not forgive me..
well, news updated for you, i’m gonne be the one who will never forgive you..
-said Alex to Izzie, Greys’s Anatomy, Season 6-

asumsi..
seberapa sering kita membuat asumsi dan berakhir pada suatu kondisi yang lebih buruk dari asumsi yang kita buat

pernah di suatu waktu, seorang teman berkata, “Menurut aku, orang percaya apa yang mau mereka percaya. Kalo kamu bilang kamu ga mau liat FB nya karena kamu mau percaya sama dia, artinya, kamu mau percaya apa yang mau kamu percaya. Padahal kalo beneran kamu percaya sama dia, no matter apa yang ada di FB nya, ga bakal ngaruh sama kepercayaan kamu ke dia donk?”

hew..
mutermuter sih kalimatnya
but i get what she meant at the time

Kadang memang, kita percaya hanya pada apa yang ingin kita percaya
no matter kondisi yang sebenarnya seperti apa
kita sepertinya menutup mata, telinga dan hati untuk hal-hal yang di luar kepercayaan kita

Sama halnya dengan perkataan seorang teman,
yang terbiasa hidup cukup, lebih malah..
dia bilang, kalau ada tawaran untuk ikut bakti sosial, ke panti asuhan, ke tempat kumuh, dia pasti akan ikut, tapi hanya sekedar memberikan dana. Untuk terjun langsung dia tak sanggup. Karena takut tidak kuat akan realita bahwa memang ada yang hidup seadanya. Pakai baju seadanya.
Dia bilang, dia tidak tega mengetahui ada yang hidup dalam keadaan seperti itu..

hew..
bener khan
berapa banyak dari kita yang pakai kacamata kuda
hanya ingin melihat apa yang kita ingin lihat
hanya ingin mendengar apa yang ingin kita dengar

kalau untuk menjaga diri, hati, iman, itu sih musti yaaa
tapi untuk menjadi apatis, tidak peduli akan kejadian sekitar, atau sekedar tidak mau capek berpikir untuk merubah keadaan menjadi lebih baik, bisa menuntun pada kesiasiaan, bukan yah?
*ngomong sama kaca*

eh, kok jadi ngelantur ke sini arah tulisan ini yah..
perasaan tadi niatnya bukan mau ke sini deh..
mwahahahaha..

saya sadar kok, keputusan saya dua bulan lalu pun berdasarkan asumsi
dan itu bukan hal yang baik, saya mahfum..
tapi walau bagaimanapun saya tidak menyesal
meski banyak yang bilang saya terlalu keras, kaku, dan tidak fleksibel..
tapi jika hal tersebut menyangkut sesuatu yang buat saya sangat prinsipal, saya tidak bisa bertoleransi..

saya jahat, memang
dengan tidak mendengarkan penjelasan beliau lebih lanjut sebelum saya mengambil keputusan sepihak..
egois, tidak adil, you named it, i’d admitted it..

tapi saya akan berusaha, untuk menjadikan keputusan itu keputusan yang terbaik
dengan tidak menyesalinya
dengan tidak hidup dibayang2 kata, “what if”
dengan memaafkannya, juga memaafkan diri saya sendiri..
dengan selalu berdoa, agar lain kali,
jika saya harus membuat asumsi, agar menjadi asumsi yang baik
berdasarkan prasangka baik..

Allah pun tahu, saya sedang berusaha..
Dengan ijinNya.. InsyaAllah..
8 thoughts on “asumsi

  1. koq aku suka jurnal ini ya.. asli.. haha..yup.. itu juga yang kuharap mba.. jika memang berasumsi semoga asumsi yang baik.. meski mungkin berbeda dari kenyataan..

  2. dyasbaik said: asumsi… agak takut berasumsi. biasanya malah jadi sibuk memastikan lagi. trus dibilang bawel(_ _”)

    sebaiknya memang sedikit mungkin berasumsi.. akan banyak yg mengkontaminasi hasil dr asumsi..gapapa dibilang bawel.. asalkan apa yg kita tahu, percaya, pikir, dan lakukan berdasarkan halhal yang sebenarnya.. bukan cm asumsi

  3. jaraway said: koq aku suka jurnal ini ya.. asli.. haha..yup.. itu juga yang kuharap mba.. jika memang berasumsi semoga asumsi yang baik.. meski mungkin berbeda dari kenyataan..

    Semoga tercapai, Mbak.

Leave a Reply

