perihal Sahabat dan perihal Hati..


Allah itu Maha Pencemburu kan, Diet? Itu yang aku sadar.. Ketika kita terlalu mencintai sesuatu yang bisa membuat kita melupakan untuk mencintaiNya, maka hal itu bukan hal baik lah pastinya

Ayu mengatakan ini di suatu malam minggu di Semanggi
Setelah kami selesai menonton Last Night, membahas film tersebut, juga film The Skin I Lived In yang Ayu tonton di DVD, kemudian membahas tentang hubungan saya dengan si mbul kala itu yang Ayu analogikan dengan keadaan dia dengan seseorang di masa lalu

Dot, you’re wasting your time, and i know that you already know that. Detoksifikasi dari sesuatu yang membuat kita merasa teracuni itu penting. Ga mudah, cenderung susah malah. I’ve been there and you know how i was back then. Kita ga bisa terima masukan dan nasihat dari siapapun kan? Makanya, minta bantuan dan kekuatan sama Yang Punya Dunia.. Minta diberikan kekuatan hati untuk detoksnya. Petunjuk untuk segera diselesaikan masalah. And remember, I’m here if you need me

Ima said that, di saat hati ini benarbenar tidak kuat menghadapi si mbul.
Saat butuh menjaga jarak dari rindu akan bersama dia, di saat saya tahu sudah dan sedang membuangbuang waktu dan hati jika meneruskan untuk berhubungan dengannya.

Tapi itu adalah episode masa lalu..
Saya sudah berusaha menyelesaikan permasalahan saya dengan si mbul..
Mungkin tidak sepenuhnya dia terima dengan keputusan saya yang menjauh dari dia.
But what can i do?
I have to..


Worrying is part of the process. U do have the right. N dia pikir hal yang sama kan? He told u. Means he admits u’ve right to know n respects it. Belip me, sampe merit pun susah sembuh ko yang namanya insecure.hehehe

Kamu ragu kenapa, Diet? Di saat kita menuju kepada niat yang baik seperti pernikahan, setan tidak akan berhenti membuat kita ragu agar niat baik itu tidak terlaksana. Bukannya tadinya kamu yakin mau mencoba? Kamu kencengin lagi ibadahnya yaaa. Jika kamu ragu saat ibadah sedang lemah, maka keraguan itu datangnya dari syaitan.. Tapi jika kamu ragu saat kamu sedang giat beribadah dan sedang merasa dekat denganNya, maka itu adalah petunjuk.. Sholat malam dan istikharahnya masih jalan khan?

Whuaa, jangaaaan.. Kamu harus belajar percaya. Bener deh, ga bakal maju2 kalo ga gitu. Akan gini2 aja kalo kita sendiri masih ketakutan atau ragu terus. Jangan ragu lagi yaa

Ima, mba Ika, dan Ayu said that, di episode yang lain lagi..
Di saat rasa ragu semakin membesar tentang seseorang yang datang menawarkan mimpi kepada saya
Dan memang, saya merasa ibadah saya, terutama sunnah sedang kurangkurangnya..
Sedang lalailalai nya..


Eh, bukannya lo dulu pernah bilang ya mau kerja ga jauhjauh dr orangtua. Orangtua dah sepuh, pengennya kapanpun beliau butuh anakanaknya bisa dengan cepet dateng.

Dot, gue inget dulu lo pernah bilang mo pake cara yang benar buat dpt yg benar

Kedua kalimat di atas adalah pertanyaan Bagja saat saya cerita mengenai perpindahan kerja saya ke Kalimantan, dan ketika saya menyebut kata pacar untuk doping antibosen nya
Believe me, Bang.. When you said those lines, it does sounds like gue menjilat ludah sendiri.. And i owe you a huge thanks for that..

Juga terngiang petuah Puti saat beliau sedang mereparasi gigi depan yang patah karena menabrak karang kemaren..
Boleh jadi dia memang serius.. Tapi inget ya, Maaak.. Dijaga.. Jaga diri dan hati.. Pokoknya jangan lepasin hatinya sebelum ijab ya, Maak..

I have to go back pada tujuan dan prinsip yang dulu saya tekankan pada diri sendiri.

Bahwa kebahagiaan Ibu adalah segalanya.. Jauh di atas mimpimimpi saya sendiri..
Untungnya untuk yang satu ini beliau benarbenar sudah memberikan restu untuk saya berangkat ke Kalimantan..

Juga bahwa kembali pada jalur dan koridor yang benar dalam mencari pasangan bisa membuat saya merasa lebih secure dan mantap

Nah.. mungkin ini yang membuat saya masih krisis pede hingga saat ini,
Masih merasa tidak yakin..
Tidak yakin bahwa ada yang benarbenar berniat baik
Ragu akan keyakinan beliau terhadap mimpi dan masa depan yang katanya mau dibangun dengan saya

Kamu udah sholat minta petunjuk?, tanya ayu
Sudah, jawab saya..
Tapi belum datang keyakinan itu, nampaknya masih kurang..
Allah sedang menguji saya..
Sampai seberapa banyak saya mau terseokseok mendekat kepadaNya
Dan yaa, kembali saya sadar, saya memang sedang pelit sekali beribadah..

Lalu tema kultum dan kajian hari ini..
Tentang Ukhuwah.. juga tentang Hati..
Seakan kembali mengingatkan kondisi hati saya saat ini..

Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah; dan barangsiapa y
ang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
(Q.S 64:11)

gambar dari sini


Hati yang sehat akan lebih mudah mendapatkan petunjuk
Dan apakah yang bisa menyebabkan hati menjadi tidak sehat alias sakit, dan bahkan menuju mati?

* kemaksiatan
Jika kita terus melakukan kemaksiatan, titiktitik hitam akan selalu mengotori hati. Dan jika tidak dibersihkan dengan istighfar dan taubat, maka hati akan menjadi semakin sakit, dan semakin sulit menerima petunjuk

* dusta
Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta.(Q.S 2:10)
Entah itu kebohongan kecil atau pun besar. Kebohongan “putih” atau murni kebohongan..
Dusta selalu akan mengotori hati

Lalu.. kemaksiatan dan dusta apa yang telah menjadi penyakit hati saya?
Banyak pastinya..
Entah saya sadari atau tidak..
Kemaksiatan dan dusta pada orang lain ataupun terhadap diri sendiri..
Perbuatan lalim terhadap makhluk lain atau pun diri sendiri..
Juga kemaksiatan dan dusta padaNya..
Saya terlampau sering melalaikanNya.. dusta kepada janjijanji saya padaNya..

Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya dan Allah membiarkannya berdasarkan ilmu-Nya dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya dan meletakkan tutupan atas penglihatannya? Maka siapakah yang akan memberinya petunjuk sesudah Allah (membiarkannya sesat). Maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran? (Q.S 45:23)

Mungkinkah saya sedang mendewakan hawa nafsu saat ini?
Na’udzubillahi mindzalik..

Barang siapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al Quran), kami adakan baginya syaitan (yang menyesatkan) maka syaitan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya.(Q.S 43:36)

Dan barangsiapa yang buta (hatinya) di dunia ini, niscaya di akhirat (nanti) ia akan lebih buta (pula) dan lebih tersesat dari jalan (yang benar).” (Q.S 17:72)

Saya tidak mau menjadi sahabat karibnya setan.. Saya tidak mau menjadikan hati saya buta dan kemudian tersesat..

Jadi, jika sekarang ditanya apakah saya sudah merasa yakin akan beliau yang di ujung sana?
Atau saya harus berbelok tegas mengatakan tidak dan kembali berkeras untuk menempuh cara yang dulu saya inginkan?

Entah, saya belum bisa menjawabnya sekarang..
Yang saya bisa katakan, saya harus membersihkan hati saya..
Saya perlu menyembuhkannya dari hal-hal yang bisa menjadikan titiktitik hitamnnya kian menggerogoti hati saya..

Janji kami di khalaqah tadi, bahwa setiap harinya, kami harus selalu berusaha:
* sholat tepat waktu
* tidak berdusta
* dzikir yang diwujudkan dengan tilawah minimal 3 lembar
* bersyukur untuk setidaknya satu hal setiap harinya
sedikit banyak insyaAllah bisa membantu saya untuk menyembuhkan hati saya…

Dan sungguh, saya bersyukur karena selalu mempunyai sahabat yang selalu mengingatkan saya untuk kembali padaNya
Love you, mates.. Like, a lot..
Jazakillah khairan katsiraa..
Allah mencintai kalian lebih dariku..
*peluk*

Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.” (Q.S 3:103)
14 thoughts on “perihal Sahabat dan perihal Hati..

  1. kadang emang si yudha bisa bijaksana kata2nya…biasanya sih itu tandanya dia lagi ngigo hehehhe….aku slalu inget omongan yudha yg satu ini, jodoh itu ga kemana, kalo ga jodoh ya kemana2 :pkita emang boleh berusaha semampu kita buat jalanin rencana dgn orang yg kita pikir baik buat kita.. tapikan semuanya tergantung izinNya… kalo jodoh Insya Allah bakal dideketin, kalo ga jodoh ya Insya Allah dijauhin #ikutanngigo

  2. dyasbaik said: hwaaaa kerreen… ngena bgt bwt saiya (_ _”)nuhun…

    watawasaw bilhaqqi watawasaw bissabrnasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran:)

  3. speakercoret said: kita emang boleh berusaha semampu kita buat jalanin rencana dgn orang yg kita pikir baik buat kita.. tapikan semuanya tergantung izinNya…

    iyah..hanya aja aku masih belum diberikan ketetapan dan ketenangan hati, kak..masih merasa gamang..ya itu tadi, mungkin memang hati aku lagi sakitlagi kotor..jadi perlu disembuhkan dan dibersihkan dulu sebelum akhrinya siap menerima petunjuk..doakan ya, kaaaaak..*peluuuuuk*#jadiikutanngigojuga*

  4. speakercoret said: kita emang boleh berusaha semampu kita buat jalanin rencana dgn orang yg kita pikir baik buat kita.. tapikan semuanya tergantung izinNya…

    hoahahaha.. *ketawa jumawa*aku kan emang cuma umurnya aja yang muda, kata-katanya mah tuaaaa… heheheinget ya Dit, cuma kita sendiri yang bisa menjaga hati kita. nobody else. percayain aja semuanya sama yang Berwenang. Dia yang jauh lebih mengenal kita daripada siapapun.. :)*peluk* *kecupbasah*

  5. ayuyudha said: cuma kita sendiri yang bisa menjaga hati kita. nobody else. percayain aja semuanya sama yang Berwenang. Dia yang jauh lebih mengenal kita daripada siapapun.. 🙂

    iyah.. ini lagi menyapu hati dan pikiran dulu..berusaha keras mendekat kepadaNya dulu..meski harus terseokseok.. i wont mind..makasih yaaaa*pelukkenceng**kecupbasah ala ym*

  6. ayuyudha said: cuma kita sendiri yang bisa menjaga hati kita. nobody else. percayain aja semuanya sama yang Berwenang. Dia yang jauh lebih mengenal kita daripada siapapun.. 🙂

    masya Allaah.. =)persahabatan yang kereeeenn.. n_nb

  7. smallnote said: *peluk*

    oooootok otok otok otooookkk… :)kita mah tetap setia tetap sedia… mo jd seksi penggembira, bagian lunjak2, lempar2 pom-pom, ngata2in, ato malah nambahin galau.. pokona mah as needed.. hihihi…Jadi bagemana??? Soundtrack kali ini apa nih?*kedip2 manja*kitik2

Leave a Reply

