dua manusia

aku ‘bertemu’ dengan dua orang manusia
di ‘dunia’ yang berbeda
dalam kesempatan yang berbeda

‘pertemuan-pertemuan’ pertama meninggalakan kesan yang cukup baik
bahkan pada beberapa pembicaraan, cukup terkagum akan dalamnya pengetahuan mereka
terutama pengetahuan agama

seiring waktu berjalan
aku mengetahui beberapa hal yang ternyata sedikit bertolakbelakang dengan apa yang mereka bicarakan sebelumnya

ok, tak mengapa
tak ada manusia yang sempurna
ada saatnya kita khilaf
aku pun tak luput dari kesalahan-kesalahan

tapi kemudian hal tersebut berulang
sehingga cukup buat aku untuk mempertanyakan setiap wacana yang coba mereka usung

apakah wajar jika kini mereka memberi pengetahuan-pengetahuan baru, yang baik tentunya, tapi aku tak lagi menanggapinya serius?
apakah baik jika kini aku tak lagi melihat bahkan memperdulikan apa yang mereka coba bawakan karena menganggap hal tersebut tak tercermin dalam keseharian mereka?
apakah secara tidak langsung aku sudah menganggap mereka munafik?
wah, lancang sekali..
dengan begitu sedikitnya kebaikan yang sudah aku lakukan di dunia ini,
sepertinya sungguh jauh untuk dapat memberikan wewenang kepadaku untuk mengatakan mereka munafik

mereka orang baik
-sepertinya- aku percaya itu
tapi, entah mengapa, apa yang mereka katakan tidak lagi membuatku kagum dan percaya, apalagi mencoba memahaminya..
bahkan kadang aku tanggapi dengan sedikit mencibir..

Astaghfirullah…
Apakah aku tidak berkaca?
bahwa mungkin saja aku berada di posisi mereka dalam pikiran orang lain..

dan aku rasa aku sudah berdosa
karena sudah menutupi diri terhadap pengetahuan yang mereka berikan
karena sudah berprasangka buruk terhadap kebaikan-kebaikan mereka
karena tidak dapat memaafkan kekhilafan saudara sesama muslim

Mudah-mudahan mata hatiku lantas terbuka
agar aku dapat menerima kebaikan mereka tanpa curiga
Mudah-mudahan..
agar aku juga selalu mawas diri..
dan berhati-hati dalam berkata dan bertindak
tidak semua orang bisa menganggap kita baik
weew..

mungkin ini sebabnya kita perlu belajar mengenai periwayat hadist..
agar kita ketahui kebenaranNya..
mudah-mudahan kita selalu dalam lindungan Allah dalam proses kita mengenalNya

amiin

11 thoughts on “dua manusia

Leave a Reply

