Kisah 47 Ronin

Bagaimana rasanya kalau kita tahu kita akan pensiun sebentar lagi?

Oishi dan keseluruhan prajurit Ako merasakan kecemasan dan dendam yang luar biasa saat tuannya, Asano Naganori harus melakukan seppuku karena telah menyerang Kira, sang pemimpin upacara istana yang korupsi.

Bab-bab di pertengahan membuat saya mengingat masa-masa awal pensiun Bapak saya. Perasaan beliau mungkin hampir sama. Merasa tidak lagi diandalkan.

Para samurai klan Asano merasa tidak berguna karena tidak dapat membalas dendam atas kematian majikannya. Tapi lebih dari itu, mereka juga tidak sanggup terjerembab dalam kehinaan menjadi seorang Ronin, samurai tidak bertuan. Perasaan menjadi ‘sampah’ itu membuat semangat membalas dendam mereka, terutama Hara dan Horibe, semakin berapi-api.
Oishi pun nyaris kehilangan akal, bahkan Kataoka dan Yoshida tak tau bagaimana membujuk agar anak buahnya mampu menahan diri, setidaknya sampai petisi yang mereka ajukan ke Shogun ditolak.

Tapi petisi itu tak juga berkabar. Oishi mencari akal agar rencana ia membawa anak buahnya mendapat penggalan kepala Kira tercapai tanpa ada hambatan dari klan Eusugi maupun prajurit Shogun.

Bahasa buku ini lebih mirip ke bahasa buku sejarah. Tapi dalam memasukkan unsur emosi, lumayan bisa diberikan jempol (tapi satu ajah). Saya menikmati membaca sejarah dalam buku ini. Nyaris persis jika dibadingkan dengan source lain yang coba saya googling.

Hanya saja, karena ini novel berdasarkan sejarah, akhir cerita nya tidak bisa dirubah. Terlalu indah menurut saya. Kurang tragis layaknya buku samurai yang lain. Hehehehehe
Bintang 4 nya musti turun satu karena cara penuturan akhir ceritanya.

*mari lanjut baca prequelnya Klan Otori, dan mencari akhir tragis cerita-cerita samurai.. Lord Shigeru, here i come*

description

**************************************************************
PBJ 2010, duapuluh ribu
aaah, senangnyaaa.. buku samuraiku nambah lagi
hihihihihihi.. senang, senang, senang…
Baca bareng Mba Indira

Advertisements

2 thoughts on “Kisah 47 Ronin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s